Breaking News
recent

Jangan Lupa Subscribe YouTube kami

Jurnal - Program Psikoedukasi untuk Meningkatkan Pengetahuan dan Keterampilan Guru dalam Menangani Bullying


Program Psikoedukasi untuk Meningkatkan pengetahuan dan
Keterampilan Guru dalam Menangani Bullying
Psychoeducational Program to Increase Teacher's Knowledge and
Skill to Intervene Bullying Behavior in School
Sigit Nugroho*) Fakultas Psikologi, Universitas Islam Riau, Pekanbaru 28284
M.G. Adiyanti Fakultas Psikologi, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta 55281

Diterima 15 April 2011/Disetujui 15 Mei 2011

Abstrak

Pertumbuhan perilaku bullying di sekolah telah menjadi fenomena yang harus diperhatikan. Peranan guru dalam menangani bullying merupakan suatu peran penting dan pengetahuan yang cukup dalam masalah ini. Oleh karena itu, ada kebutuhan untuk menambah pengetahuan mereka sehingga tindakan yang benar dapat dilakukan dengan tepat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat efektivitas program psikoedukasi dalam meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guru untuk mengintervensi perilaku bullying di sekolah. Hipotesis penelitian ini adalah program psikoedukasi akan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guru dalam menangani perilaku bullying di sekolah. Peserta adalah 16 guru dalam kelompok eksperimen dan 11 guru di kelompok kontrol. Metode Penelitian Penelitian ini menggunakan desain action research dengan pendekatan ADIER (Assessment, Diagnostic, Intervention, Evaluation, Reflection). Program psikoedukasi terdiri dari delapan sesi, di mana durasi setiap sesi berlangsung selama sekitar satu jam. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa program psikoeducatioanal efektif dalam meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guru dalam menangani perilaku bullying (knowlwdge: F: 19,805., N2: 0,442 Me = 14,25. Mc = -4,09; skill: F: 6,146; n ": 0,197., Me = 6,19, Mc = 0,91).

Kata kunci: Bullying, program psikoedukasi, pengetahuan dan keterampilan



Psikologika Indonesia

Psikologika Indonesia

No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.